Tiga Tokoh Konsultasi ke KPU Pandeglang Rencana Maju Lewat Jalur Independen

0

PANDEGLANG – Hingga saat ini baru ada tiga tokoh yang mendatangi kantor KPU Pandeglang untuk konsultasi terkait pencalonan dari independen pada Pilkada Pandeglang 2020 mendatang. Mereka adalah Vokalis Jamrud Krisyanto, Ketua DPC Partai Perindo Kabupaten Pandeglang Aap Aptadi dan Ketua DPC Partai Garuda Pandeglang Abdurohim.

Pantauan, Aap Apatadi datang ke KPU Pandeglang diwakili oleh Sekretaris DPC Perindo Pandeglang Sutisna pada Selasa (29/10/2019) sekitar pukul 14.30 WIB, tiga puluh menit berselang tiba Ketua DPC Garuda Pandeglang Abdurohim. Keduanya diterima oleh dua orang Komisioner KPU Pandeglang yakni Ahmadi dan Samsuri. Sedangkan Krisyanto diwakili timnya bernama Bayu konsultasi ke KPU sehari sebelumnya tepatnya pada Senin (28/10/2019).

Komisioner KPU Pandeglang Ahmadi menyambut baik dengan kedatangan tiga tokoh tersebut. Kata dia, KPU saat ini membuka warung layanan bagi tokoh masyarakat yang ingin berkonsultasi terkait pencalonan independen.

“Pencalonan perseorangan diatur dalam Undang-Undang 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, dimana Untuk Pandeglang dibutuhkan sebanyak 69.808 dukungan dan tersebar di 18 kecamatan,” katanya, kemarin.

Payung hukum lain yang digunakan oleh KPU, lanjut Ahmadi, adalah Peraturan KPU (PKPU) RI Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020.

“Untuk pencalonan kita mengacu kepada PKPU RI Nomor 15 Tahun 2017 perubahan atas PKPU RI Nomor 3 Tahun 2017. Sambil menunggu aturan baru terkait pencalonan yang saat ini sedang digodok oleh KPU RI,” ujarnya.

Ketiga tokoh yang datang tersebut juga diberikan lampiran Surat Edaran (SE) KPU RI Nomor 2096 yang di dalamnya mengatur mekanisme pencalonan independen.

“Dari 27 Oktober 2019 hingga 10 Desember 2019 memang waktu untuk konsultasi, sementara dari 11 Desember 2019 sampai 5 Maret 2020 adalah penyerahan persyaratan dukungan. Kami tidak akan memberikan tanda terima sebelum syarat minimal dukungan terpenuhi,” ujar Komisioner KPU Pandeglang, Samsuri menambahkan.

Sementara itu, Krisyanto, Aap Aptadi dan Abdurohim mengaku serius akan maju pada Pilkada Pandeglang tahun depan melalui jalur perseorangan.

“Kedatangan kita ke KPU untuk memastikan saja, kita insya Allah siap maju baik lewat jalur parpol maupun perseorangan. Kita juga nanti akan melakukan komunikasi dengan parpol di wilayah Kabupaten Pandeglang,” ujar Sutisna yang diamini oleh Abdurohim. (*)

Share.

About Author

Leave A Reply

19 − sixteen =

<\/body>