Tahapan Pilkada 2020 Dimulai September 2019

0

Pandeglang, kpu-pandeglangkab.go.id – Tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahap empat dipastikan dimulai pada bulan September 2019 mendatang. Hal itu berdasarkan draf dari Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) RI yang diterima oleh KPU di daerah termasuk KPU Pandeglang.

Komisioner KPU Pandeglang Ahmadi mengatakan, meskipun draft PKPU tersebut harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Komisi II DPR RI dan Pemerintah, namun pihaknya memastikan tahapan dimulainya Pilkada tidak akan berubah. Oleh karenanya KPU Pandeglang sudah berkoordinasi dengan Pemkab terkait Pilkada ini.

“Anggaran sudah kita usulkan, tinggal nanti kita ekspos,” kata Ahmadi, saat bersilaturahmi dengan para wartawan di aula KPU Pandeglang, Senin (24/6/2019).

Dikatakan Ahmadi, anggaran yang diusulkan untuk Pilkada 2020 ke Pemkab sebesar Rp 83 miliar. Anggaran itu untuk kebutuhan honor badan adhoc, logistik, sosialisasi dan lain-lain.

“Ya, kita nanti akan ekspos terkait kebutuhan itu pada saat kita melakukan pertemuan dengan Pemda,” paparnya.

Sementara itu, Ketua KPU Pandeglang Ahmad Suja’i menyampaikan, Pilkada 2020 diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. Jika mengacu pada Pilkada serentak tahap ketiga tahun 2018 lalu, Naskah Pemeberian Hibah Daerah (NPHD) diberikan maksimal sembilan bulan sebelum pelaksanaan Pilkada.

“Mudah-mudahan maksimal Desember 2019 mendatang, NPHD sudah bisa ditandatangani,” paparnya.

Suja’i mengajak kepada semua pihak untuk mensukseskan tahapan Pilkada 2020 karena tahapanya terbagi dua yakni perencanaan dan pelaksanaan.

“Mensukseskan event demokrasi lima tahunan tidak hanya tanggung jawab penyelenggara Pemilu saja,” imbuhnya. (*)

Share.

About Author

Leave A Reply

16 + three =

<\/body>