SEBANYAK 930.788 PEMILIH DITETAPKAN DALAM PLENO DPTHP-2

0

PANDEGLANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pandeglang menetapkan 930.788 pemilih dalam rapat pleno terbuka Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP-2) dengan jumlah Laki-laki sebanyak 476.018 pemilih dan jumlah perempuan 454.770 pemilih. Yang bertempat di aula KPU Pandeglang, Senin (12/11).

Rapat pleno terbuka yang dimulai pukul 14.30 WIB berjalan dengan khidmat, meski di guyur hujan namun semangat PPK, Peserta Pemilu, Bawaslu dan tamu undangan dengan penuh semangat datang untuk menghadiri rapat pleno terbuka.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Suja’i. dalam sambutannya beliau mengatakan ”bahwa sesuai dengan surat KPU RI Nomor 1099 kaitan dengan penyempurnaan dpthp yang sudah ditetapkan ditingkat KPU Pandeglang pada tanggal 13 september lalu, kemudian pada saat rapat koordinasi persiapan secara nasional ada kebijakan dari peserta pemilu untuk dilakukan pencermatan ulang yang di dalamnya ada rangkaian kegiatan mulai dari data ganda, anomali, gmhp yang seharusnya berdasarkan surat tersebut sudah ada penetapan DPTHP-1 menjadi DPTHP-2 terselesaikan ditingkatan KPU Kab/Kota” kata Suja’i.

Namun pada saat penyempurnaan Kemendagri menyampaikan data penduduk pemiih potensial pemilu (DP4) ada yang belum masuk. Sehingga KPU RI melalui surat edaran KPU RI nomor 1351 tentang penyelesaian tindak lanjut data 31 juta pemilih menjadi 24 juta pemilih.

“berdasarkan surat tersebut KPU Pandeglang mendapat 159927 data pemilih dp4 yang belum masuk pada dpt ataupun dpthp” lanjut Suja’i.

Lebih jauh Suja’i menjelaskan dari proses kegiatan dpthp-1 ada penambahan tps, karena proses kegiatan tindak lanjut bukan hanya fokus terhadap data pemilih, akan tetapi kpu menindaklanjuti masukan dari pengawas, peserta pemilu maupun warga masyarakat.

“Alhamdulillah berkat kerjasama dari semua pihak, proses kegiatan sampai tingkat kecamatan dapat terselesaikan dengan baik, dan kemarin kpu sudah melakukan sinkronisasi beserta bawaslu dan peserta pemilu, adapun ada penambahan tps yang tdinya 3904 menjadi 3906 tps” tuturnya.

Untuk itu, Suja’i berharap daftar pemilih ini betul-betul perlu peran serta dari semua pihak sehingga dapat mewujudkan pemilih yang komprehensif, akurat dan mutakhir.

Sementara, Ketua Divisi Perencanaan dan Data Andri Ausini yang memandu jalannya pembacaan rekapitulasi dari PPK mengatakan “bahwa agenda rapat pleno ini merupakan puncak proses penyempurnaan data pemilih, yakni kpu telah melaksanakan tahapan-tahapan mulai dari penyempurnaan data ganda, anomali, dan gmhp”kata Andri.

Adapun tanggapan dari peserta pemilu yang diwakili oleh Sadikin, “mengapresiasi kepada PPK, PPS dan KPU yang telah menjalankan tuigasnya dengan baik, sehingga pleno terbuka hari ini bias ditetapkan” tutupnya

Share.

About Author

Leave A Reply

nine − 1 =

<\/body>