PENYEMPURNAAN DAFTAR PEMILIH DI PEMILU 2019 DI WILAYAH PANDEGLANG, KPU PANDEGLANG LAKUKAN COKLIT TERBATAS

0

PANDEGLANG – Pasca kegiatan Gerakan Menlindungi Hak Pemilih atau yang disebut dengan GMHP yang berakhir 28 Oktober lalu, KPU Pandeglang kembali melakukan Coklit terbatas, melanjutkan ikhtiarnya untuk menyempurnakan daftar pemilih di Wilayah Kabupaten Pandeglang.  Ikhtiar ini dilakukan bersama Penyelenggara tingkat Kecamatan atau PPK dan PPS Se Kabupaten Pandeglang, di mulai dari tanggal 1 sampai 9 November 2018.

Hal ini diungkapkan oleh Andri Ausini, selaku Koordinator Divisi Program dan KPU Pandeglang saat melakukan monitoring kegiatan Coklit terbatas di Kecamatan Menes, Rabu (7/11/2018).

Dalam keterangannya bahwa , Komsioner KPU Pandeglang, Andri Ausini menjelaskan, bahwa Coklit Terbatas ini merupakan perintah KPU RI secara nasional yang dituangkan dalam SE 1351 tentang Penyelesaian Tindak Lanjut Data 31 Juta Pemilih hasil analisis Ditjen Dukcapil Kemendagri yang diterima KPU RI pada awal Oktober kemarin.

“Sasaran coklit terbatas itu adalah para pemilih yang menurut versi Dukcapil sudah melakukan perekaman KTP elektronik namun belum masuk di dalam DPTHP-1. Jadi coklit terbatas ini dimaksudkan untuk memastikan kebenaran dan akurasi data hasil penyandingan DP4 dan DPTHP-1 oleh Dukcapil,” ujarnya.

Terpisah, Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Suja’i yang juga ikut turun kelapangan monitoring untuk memastikan coklit terbatas yang dilakukan dilapangan ini berjalan lancar serta tidak ada hambatan apapun.

“Meski GMHP telah selesai pada 28 Oktober lalu, namun KPU Pandeglang mendapatkan kiriman data DP4 non Daftar Pemilih Tetap (DPT) Hasil Perbaikan (HP). Sehingga perlu dilakukan coklit secara terbatas terhadap data pemilih DP4 yang belum terdapat dalam DPTHP. Kemudian Setelah Coklit terbatas, disusun daftar pemilih perbaikan 1, kemudian PPK melakukan rekap menjadi perbaikan DPTHP 2”, Tuturnya.

KPU Pandeglang ikut memantau jalannya coklit terbatas yang dilakukan oleh PPS se Kabupaten Pandeglang, karenanya untuk memastikan tidak adanya hambatan, semua Komisioner KPU Pandeglang turun serta melakukan monitoring di 35 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pandeglang. Melalui kegiatan coklit terbatas ini diharapkan DPT Pemilu 2019 final, dan nantinya semakin komprehensif, akurat dan mutakhir. (RHB/TeknisHupas : Foto)

Share.

About Author

Leave A Reply

10 − 6 =

<\/body>