Optimalisasi Peran Kehumasan KPU Pandeglang Gelar Rapat Perdana Pokja Media Center Pilkada 2020

0

PANDEGLANG – Arus informasi yang begitu cepat dan sangat banyak tanpa batasan waktu menjadi tren masa kini yang harus dihadapi. Melihat fakta dan fenomena itu, tentu dibutuhkan kemampuan untuk memilah, menyaring dan memadukan informasi tersebut menjadi sumber berita yang benar.

Oleh karena itu, KPU Pandeglang menggelar rapat perdana kelompok kerja (Pokja) Kehumasan, Media Center dan Informasi Pemilihan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang 2020, di ruang Rumah Pintar Pemilu (RPP) Rabu (30/10/2019). Hadir pada kesempatan itu salah seorang wartawan senior di Pandeglang Muhaemin, Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Sosdiklih Parmas dan SDM) Ahmadi, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Samsuri, Kasubbag Teknis dan Hupmas Nurul Jannah, Kasubbag Hukum dan Pengawasan Dina Kurnia Sari Utami dan para staf pada Bagian Teknis dan Hupmas KPU Pandeglang.

Dalam paparannya Ahmadi menyampaikan bahwa dengan cepatnya arus informasi Pilkada Serentak 2020, KPU harus mampu memberikan informasi yang mendidik, meyakinkan, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan pentingnya Pemilu. Oleh karenanya, kerjasama antara lembaga KPU dengan insan media harus berjalan dengan baik.

“Antara KPU dan media ibarat dua sisi mata uang yang tidak bisa saling dipisahkan. Meski begitu, instansi lain juga memiliki kewajiban yang sama melakukan sosialisasi tahapan Pilkada, karena event demokrasi lima tahunan ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Nah, kegiatan ini merupakan awal yang baik untuk memulai itu,” katanya.

KPU juga wajib menyerap aspirasi dari berbagam macam media, baik cetak, elektronik maupun online terkait formula sosialisasi yang efektif soal Pilkada Pandeglang 2020. Informasi yang disampaikan media bisa dijadikan dasar pengambilan kebijakan KPU ke depan.

“Apalagi media merupakan pilar keempat demokrasi setelah eksekutif, legislatif dan yudikatif,” ujar Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, Samsuri, menambahkan.

Sementara itu, wartawan senior di Pandeglang Muhaemin mengapresiasi kinerja KPU Pandeglang khususnya dalam pengelolaan informasi baik di situs maupun di akun media sosial lainnya yang notabenenya milik KPU Pandeglang.

“Saya berharap ada sinergitas antara kehumasan KPU Pandeglang dengan para insan media yang ada di Kabupaten Pandeglang, guna menunjang penguatan informasi bagi masyarakat,” ungkap Muhaemin.

Ia juga berharap dengan adanya media center KPU Pandeglang yang berfungsi mengelola komunikasi dan informasi berbasis teknologi, mampu menghimpun, mengolah, menyediakan, dan menyeberluaskan informasi tahapan Pilkada Pandeglang 2020.

“Intinya info apapun terkait Pilkada 2020 bisa langsung diketahui oleh masyarakat dengan cepat,” pungkas pria murah senyum ini. (MT)

Share.

About Author

Leave A Reply

6 + six =

<\/body>