Mendagri Minta Kepala Daerah Siapkan NPHD Pilkada Serentak 2020

0

JAKARTA, kpu-pandeglangkab.go.id –  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta 270 daerah yang akan menggelar Pilkada Serentak tahap keempat yang akan digelar pada 23 September 2020, untuk segera menyiapkan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). Itu dilakukan sebagai amanah dari Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada yang dijabarkan pula dalam PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak, Permendagri Nomor 33 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran APBD TA 2020 dan Permendagri 54 Tahun 2019 tentang Pendanaan Kegiatan Pilgub, Bupati dan Walikota yang bersumber dari APBD.

“Jadi tidak ada alasan bagi 9 Gubernur, 224 Bupati dan 37 Walikota untuk menunda-nunda NPHD,” kata Tjahjo, saat memberikan kata sambutan dalam launching Pilkada Serentak di JCC, Senin (23/9/2019).

Dikatakan mantan anggota DPR RI ini, jika daerah tidak memiliki anggaran yang cukup, maka segera berkoordinasi dengan pemerintah di atasnya.

“Kami juga meminta KPU di daerah yang akan mengelar Pilkada Serentak 2020 untuk terus berkoordinasi dengan Pemda. Jangan sampai Pemda atau DPRD menghambat penganggaran. Kita juga nanti akan buat surat edaran ke Pemda yang akan menggelar Pilkada Serentak untuk tidak menghambat proses NPHD karena ini adalah amanah undang-undang,” tuturnya.

Soal sanksi bagi Pemda yang sengaja menghambat NPHD, Tjahjo enggan berkomentar banyak. Meski begitu, ia mengisyaratkan reward (penghargaan) dan funishment (sanksi) tetap akan diterapkan.

“Mensukseskan event demokrasi lima tahunan adalah tanggung jawab kita semua,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Arief Budiman memastikan, sesuai tahapan, NPHD harus sudah ditandatangani antara kepala daerah dan Ketua KPU setempat pada 1 Oktober 2019.

“KPU mengajukan anggaran Pilkada sesuai tahapan bukan tahun anggaran. Artinya ada anggaran yang diberikan 2019 dan ada anggaran yang diberikan tahun 2020, karena tahapan Pilkada 2019 dimulai dari Oktober 2019,” imbuhnya. (*

Share.

About Author

Leave A Reply

five × two =

<\/body>