KPU terima LPSDK Partai Politik dan Pasangan Calon Presiden & Wakil Presiden

0

Pandeglang- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pandeglang menerima dokumen Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) Partai Politik Rabu, 02/01/2019.

Dari 16 partai politik peserta pemilu, terdapat dua partai politik yang telah menyerahkan dokumen LPSDK hingga pukul 12.00 WIB, yaitu Partai Persatuan Indonesia (Perindo) yang datang pada pukul 09.27 WIB dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang datang pada pukul 11.30 WIB.

Ketua Divisi Hukum KPU Kabupaten Pandeglang Achmad Munawar menyampaikan, setidaknya ada 4 model dokumen yang harus diserahkan kepada KPU, yaitu Model LPSDK1-PARPOL sampai Model LPSDK4-PARPOL, beserta lampiran bukti penyumbangnya. Selain laporan sumbangan dana kampanye Partai, Tim Kampanye Presiden dan wakil Presiden tingkat Kabupaten/Kota juga menyampaikan LPSDK ke KPU Pandeglang.

Untuk Tim Kampanye Presiden dan Wakil Presiden, sampai pukul 12.00 WIB baru dari Tim Paslon Presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno. Lebih lanjut Munawar menerangkan, waktu penyerahan LPSDK hanya satu hari yaitu pada tanggal 2 januari 2019 sampai pukul 18.00 WIB. “Waktunya hanya hari ini sampai pukul 18.00” ujar Munawar .

Ketua Bawaslu Kabupaten Pandeglang Ade Mulyadi berharap seluruh partai politik peserta pemilu tertib administrasi dalam penyerahan dokumen LPSDK, kendatipun tidak terdapat sanksi bagi parpol yang tidak menyerahkan dokumen LPSDK, namun bukan berarti partai politik diperbolehkan untuk tidak menyerahkan karena LPSDK akan berkaitan dengan laporan selanjutnya yaitu Laporan Penerimaan dan pengeluaran  Dana Kampanye LPPDK

“Ada tiga hal yang harus bawaslu lakukan dalam tahapan penyerahan dokumen LPSDK, pertama melakukan Pengawasan Langsung kedua memeriksa kebenaran, akuntabilitas dan kelengkapan dokumen keyiga memastuikan kepatuhan waktu laporan” ungkap Ade***

Share.

About Author

Leave A Reply

fifteen − twelve =

<\/body>