KPU Pandeglang Ikuti Konsolnas

0

JAKARTA, kpu-pandeglangkab.go.id –  KPU Pandeglang mengikuti kegiatan Konsolidasi Nasional (Konsolnas) yang digelar oleh KPU RI pada Sabtu – Selasa (21 – 24 September 2019) di Jakarta. Dari KPU Pandeglang hadir enam orang mewakili lembaga, yakni Ketua yang juga Ketua Divisi Keuangan, Umum, Logistik dan Rumah Tangga (KUL RT) Ahmad Suja’i yang berlokasi di Hotel Sultan, Senayan. Ketua Divisi Teknis Penyelenggaran Samsuri yang berlokasi di Hotel Shangri-La Karet Tengsin. Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Sosdiklih Parmas & SDM) Ahmadi yang berlokasi di Hotel Aston Kartika Grogol. Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan A. Munawar yang berlokasi di Hotel Sahid Jaya Sudirman. Kasubbag Perencanaan Data dan Informasi Tata Jumanta mewakili Plt Ketua Divisi dan  Kasubbag KUL RT Fikri Firdaus mewakili Sekretaris yang berhalangan hadir.

Saat memberikan kata sambutan pembukaan, Ketua Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU RI Wahyu Setiawan mengatakan, kegiatan Konsolnas merupakan refleksi atas evaluasi penyelenggaraan Pemilu serentak 2019 dan persiapan penyelenggaraan pemilihan 2020. Kata dia, euforia Pemilu tanpa refleksi adalah sia-sia sehingga kegiatan evaluasi secara nasional penting adanya.

“Oleh karena itu, kita perlu undang seluruh KPU di daerah untuk memastikan bahwa kebijakan KPU RI selama pelaksanaan Pemilu 2019 benar-benar dipahami dan diimplementasikan oleh KPU di daerah,” tuturnya.

Angka parmas secara nasional yang mencapai 81,93 persen, kata Wahyu, harus dijadikan pelecut agar ke depannya lebih baik lagi baik dari sisi penyiapan regulasi maupun penyelenggarannya, meskipun targetnya tercapai dari 77,5 persen.

“Dalam Konsolnas ini juga akan dibahas persoalan-persoalan mendasar masing-masing divisi sebagai bahan evaluasi terutama daerah yang akan menggelar pemilihan serentak 2020,” ucap mantan anggota KPU Jawa Tengah ini.

Ketua Divisi SDM dan Litbang KPU RI Ilham Saputra menambahkan, bagi daerah yang tidak menggelar pemilihan serentak 2020 hendaknya kualitas SDM tetap ditingkatkan dengan memperkaya khazanah melalui diskusi-diskusi.

“Sistem tata kerja harus diperdalam lagi sesuai amanah PKPU Nomor 8 Tahun 2019, inventaris masalah harus tetap dipetakan sebagai bahan evaluasi dan lain-lain,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Pandeglang Ahmadi menyambut baik dengan kegiatan Konsolnas yang digelar oleh KPU RI tersebut. Kata dia, hasil dari Konsolnas tentu akan diimplementasikan dalam kegiatan sehari-hari KPU Pandeglang.

“Meski begitu inovasi-inovasi tentu akan terus kita lakukan, apalagi kita juga tahun depan akan menggelar Pilkada Serentak tahap keempat yang akan dilakukan pada 23 September 2020 yang tahapannya dimulai pada Oktober 2019,” imbuhnya. (***)

Share.

About Author

Leave A Reply

ten − 3 =

<\/body>