KPU Kembali Koordinasi dengan Pemda, Matangkan Finalisasi Anggaran Pilkada 2020

0

PANDEGLANG – KPU Pandeglang kembali berkoordinasi dengan Pemkab terkait finalisasi anggaran Pilkada Serentak 2020, di aula Pendopo Pandeglang, Senin (16/9/2019). Itu dilakukan mengingat Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) harus sudah ditandatangani pada tanggal 1 Oktober 2019.

Hadir dalam pertemuan itu, Ketua KPU Ahmad Suja’i dan tiga komisioner yakni Ahmadi, A. Munawar dan Samsuri. Sekretaris Tb. Muhdi, Kasubbag Program Data dan Informasi Tata Jumanta, dan dua orang staf KPU yakni Fika Nugraha dan Rodi Herdiana Bangga. Sementara dari Pemkab turut hadir Bupati Irna Narulita, Sekretaris Daerah (Sekda) Fery Hasanudin, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKAD) Iskandar dan Kepala Inspektorat Ramadani.

Dalam paparannya Ketua KPU Pandeglang Ahmad Suja’i menyampaikan bahwa KPU perlu menyampaikan kepastian anggaran Pilkada 2020 mengingat sesuai PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, NPHD harus sudah ditandatangani antara Ketua KPU dengan kepala daerah.

“Ajuan anggaran yang kita sampaikan adalah Rp. 83 miliar, persoalan ada evaluasi dan rasionalisasi, kami tidak keberatan yang terpenting tahapan Pilkada tidak terganggu,” paparnya.

Komisioner KPU Pandeglang Ahmadi menambahkan, hasil pertemuan dengan Pemkab Pandeglang tersebut akan segera disampaikan ke KPU RI melalui KPU Banten sesuai arahan Komisioner KPU RI Ilham Saputra.

“Apalagi jika penandatanganan NPHD tidak bisa dilaksanakan pada 1 Oktober 2019. Tanggal 21 – 23 September 2019 KPU daerah juga diundang oleh KPU RI dalam rangka Konsolnas,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita menyampaikan, pihaknya akan berusaha NPHD bisa ditandatangani pada 1 Oktober 2019. Pihaknya belum bisa memutuskan besaran anggaran untuk Pilkada karena alat kelengkapan DPRD Pandeglang belum terbentuk.

“Makanya kita selalu berkoordinasi dengan Pemprov agar alat kelengkapan Dewan terutama pimpinan segera ditetapkan oleh Gubernur Banten. Mohon semua bersabar,” imbuhnya. (***)

Share.

About Author

Leave A Reply

nineteen + 11 =

<\/body>