Ketua KPU RI: Target Parmas Pemilu 2019 Tercapai

0

BUKITTINGGI, kpu-pandeglangkab.go.id –  Ketua KPU RI Arief Budiman menyatakan, target partisipasi masyarakat (parmas) datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2019 yang dilakukan pada Rabu (17/4/2019) lalu, tercapai. Berdasarkan catatan, tingkat parmas mencapai sekitar 82 persen, sementara target yang ditetapkan sebesar 77,5 persen.

“Alhamdulilah target parmas Pemilu kali ini melebihi target. Ini berkat kerja keras semua pihak termasuk KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota,” kata Arief saat membuka acara Konsolidasi Regional (Konreg) Peningkatan Parmas Angkatan I di Gedung Serbaguna Pemkot Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (28/8/2019).

Acara Konreg Peningkatan Parmas Angkatan I ini diikuti oleh KPU di wilayah Pulau Sumatera, Banten, DKI Jakarta dan sebagian wilayah Sulawesi Utara (Sulut).

Dikatakan Arief, faktor penyebab tingginya angka parmas ini karena massifnya sosialisasi yang digelar oleh KPU. Selain itu, tak juga bisa dipungkiri Pemilihan Presiden (Pilpres) juga menjadi magnet tersendiri warga datang ke TPS.

“Harus kita akui angka parmas pada Pemilu 2019 ini merupakan capaian tertinggi khususnya Pemilu pada era reformasi,” paparnya.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih Parmas) KPU RI Wahyu Setiawan meminta KPU di daerah untuk terus melakukan inovasi terkait format sosialisasi Pemilu ke masyarakat. Apalagi pada tahun 2020 mendatang ada 270 daerah yang akan menggelar Pilkada Serentak tahap keempat.

“Kita semua jangan berleha-leha, angka parmas pada Pilkada Serentak yang akan digelar pada Rabu (23/9/2019) tahun depan harus lebih tinggi. Bahkan sudah kita rencanakan targetkan sebesar 80 persen,” papar mantan anggota KPU Provinsi Jawa Tengah (Jateng) ini.

Sementara itu, Ketua Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Pandeglang Ahmadi memastikan, pihaknya akan senantiasa melakukan terobosan terkait format sosialisasi Pilkada ke depan karena Pandeglang masuk ke dalam 270 daerah yang akan menggelar Pilkada. Untuk mencapai cita-cita itu tentu KPU Pandeglang membutuhkan masukan dari semua pihak.

“Kita juga tentu akan menggelar FGD (focus group discussion) dengan para stakeholder. Dan alhamdulilah angka parmas Pemilu 2019 di Pandeglang juga mencapai target yakni sebesar 78,7 persen dari target yang ditetapkan sebanyak 77,5 persen,” imbuhnya. (*)

Share.

About Author

Leave A Reply

5 × two =

<\/body>