Jelang Penataan Dapil KPU Pandeglang Gelar Rakor Internal

0

Kpu-pandeglangkab.go.id, Pandeglang – Menyongsong Pelaksanaan Tahapan Penataan dan Penetapan Daerah Pemilihan (Dapil) pada Pemilihan Umum Tahun 2019 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) internal dilingkup Sekretariat KPU Kabupaten Pandeglang yang diselenggarakan di Ruang Aula KPU Pandeglang, Senin (21/10).

Rakor dibuka oleh Ketua KPU Pandeglang Ahmad Suja’i, hadir dalam rakor Ketua divisi Teknis Ade Mulyadi, Ketua Divisi Hukum Ahmad Munawar, Sekretaris, Kasubag dan seluruh Staf di lingkup sekretariat KPU Kabupaten Pandeglang.

Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Suja’i memberikan pengantarnya sekaligus membuka acara

Dalam pengantarnya Ketua KPU Pandeglang Ahmad Suja’i menyampaikan bahwa rakor ini diselenggarakan dalam rangka menyongsong Tahapan Penataan dan Penetapan Dapil mendatang. “Terkait dengan kegiatan tersebut diharapkan dipersiapkan dengan sebaik mungkin baik dalam hal anggaran ataupun hal teknis lainnya sehingga setiap kegiatan bisa berjalan dengan baik,” harapnya.

Lebih lanjut, Suja’i menambahkan bahwa perlunya kita melaksanakan dan mengagendakan sosialisasi mengenai penataan dan penetapan Daerah Pemilihan (Dapil) kepada Parpol, Pemerintah Daerah, Ormas serta pemangku kepentingan lainnya.

Ketua Divisi Teknis, Ade Mulyadi sedang memaparkan Materi hasil dari Bimtek gelombang 1 Palembang

Komisioner Divisi Teknis Ade Mulyadi dalam rakor tersebut menyampaikan Paparan Materi yang sudah didapatkan dari Bimtek Gelombang 1 di Palembang, tentang penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi pada pemlu tahun 2019, “ dasar hukum untuk penataan dapil dan alokasi kursi yaitu Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 dan PKPU Nomor 7 Tahun 2017, sedangkan Sumber data mengacu pada Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK 2) yang diserahkan oleh Kemendagri kepada KPU”, Paparnya.

“untuk Penataan Dapil mengacu pada 7 prinsip yaitu Kesetaraan nilai suara, Ketaatan pada sistem pemilu yang proporsionalitas, proporsionalitas, integritas wilayah, berada pada cakupan wilayah yang sama, kohesivitas, serta kesinambungan” tambahnya.

“Pada Prinsipnya untuk di Kabupaten Pandeglang, kemungkinan besar tidak ada perubahan Dapil”, Ucapnya.

“pada proses penataan dapil nanti, publik akan dilibatkan secara langsung melalui mekanisme uji publik terhadap draft usulan Dapil yang disusun oleh KPU Pandeglang, antara lain unsur Pemerintah Daerah, Partai Politik tingkat Kabupaten Pandeglang, Panwaslu, serta Pemangku Kepentingan Lainnya,” Tutupnya. (wan/acu/red/foto/humas)

Share.

About Author

Leave A Reply

ten − five =

<\/body>