Hari ke 13, Ada Dua Parpol yang Mendaftar Ke KPU Pandeglang

0

Pandeglang, kpu-pandeglangkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pandeglang dihari ke 13 menerima dua partai politik yang mendaftar bakal calon DPRD untuk Pemilu 2019, yaitu Partai Perindo dan Partai Gerindra.  Senin, (16/07).

Rombongan Partai Perindo yang dipimpin oleh Aap Aptadi tiba pada pukul 13.15 WIB diterima Ketua KPU Pandeglang serta didampingi oleh jajaran Komisioner KPU Pandeglang. Sementara Partai Gerindra yang dikomandoi H. M Kuswandi tiba pada pukul 15.07 WIB yang juga diterima oleh jajaran KPU Pandeglang. Dengan dilanjutkan dengan serah terima dokumen secara simbolis oleh kedua partai politik tersebut kepada KPU Pandeglang, berkas kemudian diteliti oleh petugas dari KPU.

Apabila formulir pencalonan dan SK kepengurusan tersebut ada dan sah, maka akan diberikan TT.Pd yang berarti pencalonan dari partai tersebut dapat diterima dan dapat melanjutkan ke proses penelitian berkas bakal calon.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh KPU, Partai Perindo dan Partai Gerindra sudah memenuhi semua kebutuhan untuk pencalonan dan dapat diberikan TT.Pd. Selanjutnya KPU Pandeglang memverifikasi berkas bakal calon satu persatu. Verifikasi berkas bakal calon dilakukan untuk mengetahui kekurangan persyaratan bakal calon yang disesuaikan dengan yang ada pada aplikasi  sistem informasi pencalonan (Silon). Verifikasi berkas bakal calon dilakukan KPU Pandeglang menggunakan instrument yang disediakan KPU untuk nanti disampaikan ke parpol terkait kekurangan yang harus diperbaiki oleh bakal calon nanti pada masa perbaikan.

Adapun proses pemberian status keabsahan seluruh dokumen persyaratan calon dilakukan tanpa didampingi oleh petugas penghubung dan hasilnya  dituangkan pada model BA.HP DPRD. Hasil verifikasi kelengkapan dan keabsahan dokumen bakal calon yang akan disampaikan oleh KPU kepada partai politik mulai pada tanggal 19 Juli sampai dengan 21 Juli 2018. Dan apabila masih ada dokumen yang kurang atau belum lengkap disampaikan pada tahap perbaikan yaitu pada tanggal 22 Juli sampai dengan 31 Juli 2018.

Sekedar Informasi, berkas bacaleg Partai Perindo yang diterima oleh KPU Pandeglang sebanyak 47 berkas dan Partai Gerindra sebanyak 50 berkas.

Share.

About Author

Leave A Reply

twelve + fourteen =

<\/body>