GMHP, Sebuah Gerakan Konkret yang Digagas Oleh KPU

0

Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) adalah Gerakan yang didasari keinginan KPU bersama seluruh stakeholder kepemiluan lainnya untuk meminimalisir data potensi invalid yang masih ada ditengah masyarakat.

Kegiatan GMHP dimulai pada tanggal 1 Oktober 2018 sampai dengan 28 Oktober 2018 secara serentak di seluruh Indonesia. Karena ini merupakan bagian dari upaya penyempurnaan DPTHP-1 hasil rekapitulasi nasional pada tanggal 16 September silam. Dan merupakan tindak lanjut rekomendasi Bawaslu pasca DPT hasil perbaikan juga mendata pemilih yang belum masuk ke daftar pemilih tetap melalui mekanisme verifikasi faktual.

Tujuan diadakannya GMHP ini untuk penyempurnaan daftar pemilih tetap (DPT), mengantisipasi data pemilih yang bermsalah kemudian disengketakan, dan memastikan seluruh warga negara yang memenuhi syarat sebagai pemilih terdaftar secara valid sebagai pemilih pada Pemilu Tahun 2019.

Koordinator Divisi Program dan Data KPU Pandeglang, Andri Ausini mengatakan “di Pandeglang sendiri sudah dibuka layanan posko GMHP di tempat-tempat keramaian guna mendata, menyisir dan melindungi hak pilih” kata Andri

Andri menambahkan bahwa ini adalah sebuah gerakan yang mengupayakan kepastian, perlindungan terhadap hak pilih warga negara untuk terdaftar didalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019, yang berkorelasi pada keterpenuhan hak memberikan suara di 17 April 2019.

Tak hanya itu, PPK dan PPS yang berada di wilayah Kabupaten Pandeglang juga ikut membuka posko-posko layanan guna melindungi hak konstitusional pemilih dari potensi tidak terdaftar dalam DPT dikarenakan belum memiliki KTP elektronik atau belum tercatat oleh petugas Coklit.

“ini adalah langkah konkret dalam melindungi hak pilih warga negara demi terciptanya pemilu yang berkualitas pada tahun 2019” ujar Andri

Adapun puncak GMHP akan dilaksanakan pada hari Rabu, 17 Oktober 2018 pukul 10:00 WIB dengan ditandai oleh cek data diri secara serentak di kantor desa atau kelurahan.

“jangan lupa nanti warga masyarakat untuk secara aktif memeriksa namanya di DPT yang sudah diumumkan oleh PPS di masing-masing desa atau kelurahan. Dan bagi yang belum terdaftar untuk segera melaporkannya ke posko-posko pelayanan GMHP yang tersebar di seluruh PPS, PPK dan KPU Kabupaten” lanjut andri

Masyarakat juga bisa menggunakan androidnya untuk mengecek namanya melalui aplikasi KPU RI pemilu 2019 atau web www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id

Share.

About Author

Leave A Reply

eleven − nine =

<\/body>