BAHAS BADAN ADHOCK (PPS) PEMILU 2019, KPU PANDEGLANG RAKOR DENGAN PANWASLU PANDEGLANG

0

Pandeglang, kpu-pandeglangkab.go.id- Komisi Pemilihan  Umum (KPU) Pandeglang melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) dengan Panwaslu Pandeglang di Kantor KPU Pandeglang, Kamis (22/02). Rapat koordinasi yang dihadiri oleh jajaran Komisioner KPU Pandeglang, Panwaslu Pandeglang, Sekretaris, Kasubag dan Staff Sekretariat KPU Pandeglang ini membahas pembentukan badan adhock yaitu Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang kuota atau batas minimal pendaftarnya belum memenuhi duakali kebutuhan.

Sebelumnya penerimaan PPS ini telah dilakukan perpanjangan pendaftaran dari tanggal 15 sampai dengan tanggal 20 Februari 2018, namun setelah pendaftaran ditutup masih ada beberapa desa yang belum memenuhi duakali kebutuhan calon anggota PPS.

Ketua KPU Pandeglang Ahmad Suja’i menyampaikan “hasil dari perpanjangan PPS yang dilakukan selama 5 (lima) hari kemarin masih ada 19 Kecamatan dan 27 Desa yang kuotanya belum terpenuhi” kata suja’i.

“Hasil ini telah disampaikan juga dikonsultasikan kepada KPU Provinsi Banten, adapun KPU Provinsi Banten memberikan arahan untuk dilanjutkan ke tahapan selanjutnya yaitu tes tulis sebagaimana yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Serang, akan tetapi harus dikoordinasikan dahulu dengan Panwaslu Kabupaten Pandeglang untuk mencari solusinya seperti apa” tambah Suja’i.

Hasil rapat koordinasi dengan panwaslu Pandeglang hari ini, bahwa terkait pendaftaran PPS yang sampai saat ini belum memenuhi kuota duakali kebutuhan, maka dilakukan kembali perpanjangan penerimaan pendaftaran calon anggota PPS, yang dimulai dari tanggal 23 Februari sampai dengan 24 Februari 2018.

Mengingat Keputusan KPU Nomor 31/PP.05/Kpt/03/KPU/I/2018 tentang Petunjuk Teknis Pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan, Panita Pemungutan Suara, dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum tahun 2019. Dalam Huruf B point 3 apabila sampai dengan masa pendaftaran berakhir tidak ada peserta yang mendaftar atau kurang dari 2 (dua) kali jumlah PPS yang dibutuhkan, KPU /KIP Kabupaten/Kota membuka perpanjangan waktu pendaftaran; kemudian dilanjut dalam Huruf B point 4 apabila sampai dengan masa perpanjangan pendaftaran berakhir tidak ada peserta yang mendaftar, KPU/KIP Kabupaten/Kota bekerja sama dengan lembaga pendidikan, komunitas peduli Pemilu dan demokrasi dan/atau tenaga pendidik untuk mendapatkan anggota PPS sesuai persyaratan yang berlaku.

Share.

About Author

Leave A Reply

eighteen + 10 =

<\/body>