Persiapan Pendaftaran dan Verifikasi Parpol, KPU Pandeglang Melaksanakan Bimtek

0

Pandeglang  – Jelang pendaftaran calon peserta Partai Politik (Parpol) pemilu tahun 2019, semua Parpol mesti mendaftar ke KPU di Daerah sepanjang ada kepengurusannya di tingkat daerah yang bersangkutan, pada masa pendaftran yaitu tanggal 3 sampai 16 Oktober 2017 dan melakukan input dokumen pendaftaran lewat Sistem Informasi Partai Politik (sipol) sebelum mendaftar.

Dikatakan ketua KPU Kabupaten Pandeglang, Ahmad Suja’i dalam sambutannya saat membuka acara Bimbingan Teknis Tata Cara Pendaftaran dan Verifikasi Partai Politik calon peserta pemilu tahun 2019.

Acara dilaksanakan di salah satu hotel di Pandeglang (29/9) ini dihadiri oleh 18 utusan calon peserta pemilu dari partai lama dan baru, utusan polres pandeglang, dandim 0601 pandeglang, pemerintah daerah serta stakeholder terkait. Diantara calon peserta pemilu dari partai baru yang hadir yaitu Perindo, Berkarya, Garuda, PSI, Persindo, dan Idaman, dari 73 partai politik yang terdata di Kementian Hukum dan HAM.

“Titik tekannya yaitu terletak pada Sipol, diharapkan partai politik peserta pemilu 2019 dapat melaksanakan pendaftaran sesuai dengan waktu yang ditentukan, yaitu tanggal 3 sampai dengan 16 Oktober 2017. Kami juga berharap Parpol tidak menunda hingga batas akhir waktu yang ditetapkan,” kata Ahmad Suja’i.

Dalam kesempatan itu hadir Ketua KPU Provinsi Banten, Agus Supriatna. Ia memaparkan kebijakan  Pendaftaran dan Verifikasi Parpol, sebagaimana regulasi yang ada. Masing-masing Parpol diwajibkan menyerahkan dokumen persyaratan partai politik, pendaftaran dilakukan sentralistik yaitu partai tingkat pusat ke KPU RI, sementara pengurus partai tingkat daerah menyerahkan daftar keanggotaan yang dilampiri KTA dan KTP Elektronik atau Surat Keterangan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten.

“Tanpa kecuali bagi Parpol baru maupun lama mesti melakukan pendaftaran, karena itu ketentuan yang termaktub dalam Peraturan KPU 11 Tahun 2017 Tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD),” tegasnya.

Agus menambahkan sesuai Surat Keputusan KPU Nomor 165/HK.03.1-Kpt/03/KPU/IX/2017 atau sejumlah minimal 1.000. Jumlah penduduk Pandeglang yaitu 1.175.148 sehingga parpol di Pandeglang wajib memiliki anggota minimal sebanyak 1,175 hal itu, jumlah anggota tersebut sebagai sarat yang akan diverifikasi oleh KPU Kabupaten Pandeglang dibuktikan dengan KTA dan KTP elektronik atau Surat Keterangan.

“Kami berharap Parpol di Kabupaten Pandeglang sudah siap untuk memenuhi persaratan yang telah ditetapkan sesuai ketentuan Pasal 173 ayat (2) huruf f UU 7 tahun 2017 Jo PKPU 11 tahun 2017, kemudian KPU Pandeglang akan melakukan penelitian administrasi dan verifikasi faktual secara langsung ke lapangan untuk memastikan keabsahan data parpol dan keanggotaan, sesuai waktu yang telah di tetapkan ” tambah Agus. (Humas KPU Pandeglang)

Share.

About Author

Leave A Reply

3 × 5 =

<\/body>