KPU PANDEGLANG KUKUHKAN 55 RELAWAN DEMOKRASI

0

PANDEGLANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang mengukuhkan dan  memberikan pembekalan bagi 55 orang Relawan Demokrasi (Relasi) pada Pemilihan Umum tahun 2019 di Aula KPU Pandeglang, Sabtu (19/1/19).

Relasi munculdilatarbelakangi oleh minimnya Pemilih dalam memahami substansi Demokrasi. Tanpa mengabaikan apresiasi kepada pemilih yang menggunakan hak pilihnya secara cerdas, sebagian pemilih kita terjebak dalam pragmatisme. Tidak  semua  pemilih  datang  ke  TPS  atas  idealisme  tertentu

Maka dalam pembekalan terhadap relawan ini menjadi hal yang penting untuk disampaikan, karena kedepan relasi ini akan bertugas membantu KPU Pandeglang mensosialisasikan Pemilu tahun 2019. Kemudian akan dipecah menjadi 10 segmentasi basis antar lain segmen untuk basis keluarga, pemilih pemula, Pemilih muda, pemilih perempuan, penyandang disabilitas, marjinal, komunitas, berkebutuhan khusus, keagamaan, dan warna internet.

Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Suja’i mengatakan bahwa program pembentukan relasi pemilu tahun 2019 ini sangat penting untuk membantu KPU Pandeglang dalam melakukan sosialisasi pemilu ke masyarakat dilapangan.

“Secara umum, kata Suja’i, tujuan dibentuknya relawan pemilu itu membantu KPU untuk mensosialisasi kan tahapan Pemilu 2019 ke masyarakat. Dan sebanyak 55 orang relasi dibentuk ini sesuai surat KPU RI Nomor : 32/PP.08-SD/06/KPU/1/2019 tentang juknis pembentukan relasi pemilu 2019.

“Selain itu tugas mereka menyampaikan pemahaman terkait Pentingnya demokrasi, pemilu dan partisipasi pemilih, selanjutnya menginformasikan tanggal, hari dan jam pemungutan suara. Kemudian Tata cara pemberian suara dalam pemilu Pengenalan peserta pemilu (pasangan calon presiden dan wapres, partai politik dan DPD) serta hal-hal lain yang dianggap sesuai dengan kebutuhan basis pemilih, ” Tuturnya.

Sementara Ketua KPU Provinsi Banten, Wahyul Furqon yang hadir dalam pembekelan relasi di KPU Pandeglang, menyampaikan harapannya dengan tambahan relawan demokrasi ini bisa menambah elektabilitas pemilih menjadi meningkat meluangkan suara di pemilu tahun 2019, sehingga partisipasi masyarakat menjadi naik sesuai harapan kita semua.

“ sekarang target kita sebagai penyelenggara memiliki pekerjaan yang sangat luar biasa untunk meningkatkan partisipasi masyarakat, KPU RI telah menetapkan 77,5 persen partisipasi masyarakat, jadi ada 10 segmen yang menjadi konsen kita sehingga kami membentuk relawan demokrasi, dari setiap segmennya akan melakukan sosialisasi tentang pemilihan umum 2019 kepada setiap komunitasnya, “ tukasnya. (RHB/TeknisHupmas:Foto)

Share.

About Author

Leave A Reply

one × two =

<\/body>